Senin, 30 Agustus 2010

Penipuan Oknum Petugas PLN di Tulungagung Resahkan Warga

Tulungagung, Koran PILAR.

Sebagai konsumen listrik, warga masyarakat diimbau untuk waspada terhadap aksi penipuan dengan modus mengaku sebagai petugas karyawan PLN, karena sudah banyak menjadi korbannya. Demikian halnya yang terjadi di Kab. Tulungagung terutama di sejumlah kecamatan yang berada di pinggiran.

“Aksi penipuan yang mengaku petugas PLN di Kab. Tulungagung marak dan tentu saja meresahkan masyarakat konsumen jika tidak segera ditindak aparat berwenang. Adapun modusnya, mereka menawarkan jasa pemasangan baru atau tambah daya kepada warga dengan tarif tinggi.”ujar Padi/Banjir, warga Kec.Campurdarat.

Dedih mengatakan, tidak sedikit warga yang merasa tertipu ulah oknum tersebut. Warga yang menjadi sasaran berasal dari Kecamatan Bandung, Besuki, dan Campurdarat. “Kami prihatin atas maraknya aksi penipuan yang dilakukan oknum tak bertanggung jawab. Setiap melakukan aksinya, banyak pelanggan PLN yang merasa dirugikan,” katanya.

Salah seorang korban aksi penipuan warga Kecamatan Besuki, Padi/Banjir mengatakan, sekitar satu setengah bulan yang lalu dia kedatangan dua tamu yang mengaku petugas PLN.

Kedua orang tersebut dengan nada meyakinkan mengaku bisa membantunya melakukan tambah daya listrik di rumah. Percaya dengan kedua orang tersebut, dia memberikan uang senilai Rp.8.800.000. “Janjinya dalam jangka waktu paling telat tiga hari, penambahan daya di rumah saya akan dilakukan. Tetapi, sampai saat ini ternyata orang tersebut tak pernah datang lagi,” sesalnya.

Kekecewaannya makin menjadi ketika dia menanyakan hal tersebut kepada UPJ PLN setempat, ternyata kemudian diketahui kedua orang tersebut merupakan penipu yang memang sudah cukup lama melakukan aksinya.

Untuk mengantisipasi aksi penipuan tersebut, menurut petugas UPJ PLN Tulungagung, pihaknya akan melaporkan hal tersebut kepada Polsek setempat. Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada pelanggan yang ingin memasang baru atau menambah daya, untuk jangan sekali-kali menggunakan jasa calo atau orang lain.

“Sebaiknya langsung datang ke kantor pelayanan PLN terdekat. Syaratnya hanya membawa fotokopi KTP serta rekening,tanpa dipungut biaya,” ujar seorang petugas UPJ PLN Tulungagung. Dia mengatakan, setiap petugas PLN yang melaksanakan tugas pekerjaan di luar kantor, selalu dilengkapi identitas dan surat tugas *tiem*.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar