Rabu, 12 Mei 2010

Pansimas Desa Salangano Berhasil 100%, Rakyat Menikmati Air Bersih

Bangkep SulTeng, PILAR

Desa Salangano Kecamatan Totikum Kabupaten Banggai Kepulaun, patut diacungi jempol, dan menjadi kebanggaan tersendiri. Gerak cepat dan tepat, kerja keras dan pantang mundur, dari pihak pengelolaan proyek penyedian sarana air bersih dan sanitasi berbasis masyarakat (PANSIMAS) Tahun Anggaran 2009.

Biaya yang dialokasikan didesa Salangano dengan nilai kontrak sebesar Rp. 275.500.000,- (Dua Ratus Tujuh Puluh Lima Juta Lima Ratus Ribu Rupiah), Sumber Dana APBN sebesar Rp.192.500.000,- (Seratus Sembilan Puluh Dua Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) dan APBD sebesar Rp.28.000.000,- (Dua Puluh Delapan Juta Rupiah) serta swadaya masyarakat anggaran sebesar Rp.55.000.000,- (Lima Puluh Lima Juta Rupiah).

Lanjut, proyek penyedian sarana air bersih dan sanitasi berbasis masyarakat ini nampaknya membuahkan hasil yang sangat memuaskan dengan kelancaran air yang sudah dinikmati oleh warga setempat.

Keberhasilan proyek penyedian sarana air bersih dan sanitasi berbasis masyarakat menurut salah satu warga masyarakat yang engan dikorankan namanya mengatakan alhamdulillah kami sudah menikmati air dan saya berterima kasih kepada pemerintah daerah baik itu Eksekutif maupun Legislatif, mudah-mudahan kedepan akan lebih maju lagi, jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya ujarnya.

Sementara disisi lain, masih banyak kekurangan dan hambatan diwilayah khususnya Desa Salangano Kecamatan Totikum Kabupaten Banggai Kepulauan, termasuk jalan lingkar desa belum adanya perhatian dari pemerintah, termasuk desa Salangano yang sering dijanji-janjikan, entah sampai kapan jalan tersebut diperbaiki atau diaspal?.

Kami mengharapkan kepada Dinas Bina Marga dan Pengairan agar mengambil sikap untuk memperbaiki jalan yang ada di desa tersebut, mengingat kendaraan roda dua dan roda empat apabila melewati jalan itu dikawatirkan bisa mengakibatkan kecelakaan *ari*.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar