Sabtu, 12 Desember 2009

Jombang Raih Profesionalisme Award Tahun 2009


Jombang, Pilar News.
Peringatan HUT Korpri ke-38, Bupati Jombang, Drs Suyanto, MMA mendapatkan penghargaan bertitel Profesionalisme Award 2009 dengan predikat terbaik dari Gubernur Jawa Timur, Dr H Soekarwo.
Selain Kabupaten Jombang, sembilan kabupaten/kota di Jawa Timur juga mendapatkan penghargaan dengan predikat yang sama, di antaranya Kota Malang, Kota Probolinggo, Kabupaten Malang, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Gresik, Kota Surabaya dan Kota Blitar.
Pemberian penghargaan diberikan pada puncak peringatan HUT Korpri ke-38 di Halaman Gedung Grahadi Surabaya, Senin (30/11). Ini sudah kali ketiga Kab. Jombang mendapatkan penghargaan di bulan Nopember ini.
Di samping sepuluh Kabupaten/Kota dengan predikat terbaik, Gubernur Jatim juga memberikan penghargaan dengan predikat baik kepada lima Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Kabupaten/Kota itu diantaranya, Kabupaten Madiun, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Sumenep, Kota Mojokerto dan Kabupaten Magetan.
Terkait dengan diterimanya penghargaan tersebut, penilaian tersebut didasarkan pada beberapa hal yaitu 1). Inovasi pelayanan publik visioner dengan mengembangkan perijinan (83 jenis) yang memberikan kepastian hukum, prospek dan kepastian usaha, serta mendorong pertumbuhan investasi; 2). Melakukan dan mengembangkan kerjasama dengan lembaga lain seperti perguruan tinggi, LSM dan lembaga konsultan baik lokal maupun luar daerah dalam rangka peningkatan profesionalisme SDM aparatur; dan 3). Memberikan perhatian khusus bagi pengembangan dan peningkatan kualitas administrasi pemerintahan desa guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dengan memberi kewenangan luas kepada kecamatan berikut fasilitasnya untuk memperkuat pemerintahan Desa.
Lebih lanjut Drs. Suyanto, MMA, memberikan apresiasi positif, ”Atas nama Pemerintah Kabupaten Jombang, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya atas kerja keras Korpri dan Birokrasi dalam usaha meningkatkan pelayanan kepada publik di Kabupaten Jombang”.
Bersamaan pada acara tersebut juga diberikan penghargaan kepada palayanan publik bidang kesehatan, dengan kategori sebagai Unit Pelayanan Publik Percontohan Jawa Timur dengan predikat BAIK yaitu Puskesmas Cukir. Kepala Puskesmas Cukir, Dr. Mas Imam Ali Affandi mengatakan bahwa, ”Penghargaan ini merupakan cambuk untuk lebih meningkatkan pelayanan khususnya kesehatan khususnya kepada masyarakat”.
Beberapa kebijakan itu adalah menyangkut aspek peningkatan profesionalitas SDM, peningkatan pembinaan aparatur serta aspek kelembagaan tata laksanan dan kinerja. Disamping itu, dalam penilaian di lapangan, Pemprov Jatim juga menilai dari berbagai aspek penilaian. Salah satunya masalah performance pelayanan publik. Untuk masalah itu, Pemkab Jombang sudah menerapkan berbagai kebijakan yang diaplikasikan dalam pelayanan kelembagaan. Salah satunya adalah dalam hal pendelegasian tugas dan wewenang antara bupati dan wakil bupati, Pemprov Jatim menilai sudah sesuai dengan wewenangnya (st).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar