Sabtu, 27 Maret 2010

Bupati : Perencanaan Tidak Sekedar Harapan

Malang, PILAR
Penyelenggaraan Musrenbang Kabupaten Malang Tahun 2010 yang diselenggarakan hari ini Kamis (25/3) di Pendopo Agung Kab. Malang untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD). Kabupaten Malang tahun 2011 dan sebagai pedoman dalam penyusunan APBD 2011. Memiliki arti yang sangat penting untuk menciptakan kesamaan pandangan dan harapan sekaligus sebagai wadah sinkronisasi, sinergi dan integrasi kepentingan bagi stakeholder pembangunan dan kemasyarakatan.
Bupati Malang H. Sujud Pribadi hadir sebagai Keynote speech pada acara tersebut menyampaikan Arah Kebijakan Pembangunan Kabupaten Malang tahun 2011, sekaligus membuka secara resmi Musrenbang Kab. Malang Tahun 2010. Dijelaskannya bahwa Serangkaian perencanaan yang kita tetapkan untuk jangka waktu satu tahun kedepan tentunya sudah ada aturan dan ketentuan baku sehingga kita mengikuti. Oleh karena itu arah kebijakan umum maupun program kerja kegiatan tentunya bisa meningkatkan pendapatan perkapita masyarakat Kab. Malang sehingga tidak terjadi gap satu dengan yang lainnya.
Dalam penyedian kebutuhan dasar maupun pelayanan seiring dengan tersedianya anggaran yang sangat terbatas, oleh karena itu pada hari ini kita musyawarahkan. Kita harapkan yang paling penting adalah bagaimana perencanaan itu bisa kita wujudkan tidak hanya sekedar harapan tetapi ada perubahan yang baik dan syukur apabila itu menjadi kenyataan. Ini tidak akan mungkin terwujud apabila kita tidak menyatukan semua komponen yang ada di Kab. Malang, Provinsi maupun di pusat.
Masih dalam paparannya, Bupati menjelaskan bahwa kondisi perekonomian Kab. Malang tahun 2009 berdasarkan data sementara BPS Kab. Malang, tumbuh sebesar 5,25%. Angka ini lebih tinggi bila dibandingkan dengan rata-rata pertumbuhan Provinsi Jawa Timur sebesar 5,01%, begitu juga bila dibandingkan dengan rata-rata pertumbuhan Nasional yang hanya 4,3%. Hal ini disebabkan sektor pertanian ternyata cukup kuat daya tahannya dari pengaruh dampak fluktuasi perekonomian global yang dimulai sejak tahun 2008 dan berlanjut hingga 2009.
Peserta Rapat Musrenbang ini berjumlah 350 orang. Hadir sebagai nara sumber antara lain, Perwakilan Bappeprov Jawa Timur yang memaparkan Kebijakan Pembangunan Provinsi Jawa Timur tahun 2010. Candra Fajri Ananda SE.M.SC, Ph.D memaparkan Prospek Perekonomian Regional Jawa Timur. Prof. Dr. Maryuni SE, MS memaparkan Prediksi Kondisi Sosial Ekonomi Perdesaan Kabupaten Malang tahun 2011. Kepala Kejari Kepanjen tentang Pentingnya Azaz Kepastian Hukum Dalam Penyelenggaraan Pembangunan. Kepala Kepolisian Resor Malang menyampaikan Pentingnya Menjaga Kondisi Kondusif Trantib Masyarakat Untuk Kelancaran Pembangunan. Komandan KODIM 0818 dengan Prakiraan Kondisi Sosial Politik dan Keamanan Dalam Kerangka NKRI dan Kitannya Dengan kelancaran Pembangunan di Kab. Malang dan paparan terakhir dari Kepala Bapekab Dr. Nehruddin dengan Konsep Rencana Kerja Pemerintahan Daerah Kab. Malang Tahun 2010 *sarwi/tim*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar