Sabtu, 27 Maret 2010

Jombang Gelar Musrenbang



Jmbang, PILAR
Guna mensingkronkan rencana pembangunan nasional 2011, pemerintah Kabupaten Jombang bersama dengan Kabupaten Nganjuk, Mojokerto, Kediri, dan Lamongan membahas bagaimana singkronisasi pembangunan kedepan melalui kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang). Kegiatan tersebut diselenggarakan di Ruang Bung Tomo Kantor Pemkab Jombang pada Selasa 23 Maret 2010. Acara yang dibuka oleh Plt Bupati Jombang Drs. Widjono Suparno Msi tersebut dihadiri oleh Kepala Bappeprov Jatim, Bakorwil, Muspida, Sekda, Kepala SKPD, BUMN dan perwakilan dari ormas, perguruan tinggi dan tokoh masyarakat.
Disampaikan Agus Riadi S.Sos Kepala Bappeda Jombang bahwa proses perencanaan pembangunan sudah dimulai sejak Januari hingga Pebruari 2010 ini yang dimulai dari tingkat desa dan kecamatan yang subtansinya mengacu pada dengan rencana jangka menengah desa, selanjutnya ditingkat kecamatan disingkronkan dengan rencana kerja SKPD. Pada 17 Maret lalu forum gabungan SKPD juga telah dilakukan untuk memadukan hasil perencanaan pembangunan ditingkat kecamatan dengan yang ada didaerah. “Pada pembahasan finalisasi kali ini akan kita bagi dalam 3 kelompok pembahasan yaitu Ekonomi, Sosial Budaya dan Infrastruktur”, ungkap Agus Riadi. Adapun hasil dari Musrenbang tersebut hasilnya akan dibawa pada Musrenbang Propinsi pada April 2010.
Ir. Budi Setiawan MMT Kepala Bidang Ekonomi Bappeprov Jatim dalam paparannya menyampaikan posisi Kabupaten Jombang di Jawa Timur serta prioritas program propinsi Jawa Timur yang telah disingkronkan dengan isu nasional. Budi Setiawan juga menyarankan kepada pemerintah Kabupaten Jombang untuk mengarahkan strategi pengembangan pembangunan Jombang pada sektor agro industri dan paket-paket wisata religi dengan adanya makam Gus Dur. “ Bagian Pariwisata harus bisa mengelola ini dengan baik, Jombang harus segera mengembangkan industri kecil dan kerajinan serta peningkatan produksi pertanian, untuk ini propinsi Jatim akan membantu “, tutur Budi Setiawan.
Kepada peserta forum yang menjadi bagian dari solusi pembangunan nasional Plt. Bupati Jombang Drs. Widjono Suparno Msi meminta agar dapat memberikan hasil musrenbang yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyaraka yang nantinya akan dibawa pada musrenbang propinsi hingga nasional. “Saya minta aktifitas, pemikiran, masukan untuk Jombang kedepan yang jauh lebih baik lebih maju”, tandas Drs. Widjono Suparno Msi.
Pada acara tersebut Plt Bupati Jombang Drs. Widjono Suparno juga menyerahkan penghargaan kepada pemuda-pemudi berprestasi ditingkat nasional sebagai bentuk dari hasil daya saing Kabupaten Jombang. Reward diberikan kepada Sodikul Amin atlit sepakbola cacat ( PORCANAS) ; Aditya Harjaninggar altit dari Cabang Olahraga Karate juara III Asia KOI Kobe Osaka Internasinal di Malaysia; Adiputra Cahyono Nugroho penari Remo terbaik Jawa Timur; drg. Nurul Hidayati dokter teladan Kabupaten Jombang peringkat 6 besar tingkat Propinsi Jatim, Endang Purwaningsih Tenaga paramedis teladan; Siti Munawaroh Tenaga Kesehatan Masyarakat Teladan, Endang Sukariati Tenaga Gizi Teladan, Mujo pelaku penerapan inovasi tehnologibudidaya pertanian berbasis organik ; M. Wage perintis pengembangan pendalian agen hayati ramah lingkungan yang berkelanjutan *st/tim*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar