Sabtu, 27 Maret 2010

Lomba Cipta Menu Dengan Sirsak



Kediri, PILAR
Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKP3) Suparno mengungkapkan, acara yang dilaksanakan tiap tahun ini bertujuan untuk memunculkan karya cipta pengolahan hasil pertanian bagi wanita tani untuk mengangkat nilai-nilai sumberdaya lokal. Sementara ditemui di acara yang sama, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kediri dr. Haryanti Sutrisno mengatakan Lomba Cipta Menu hasil kerja sama PKK dengan BKP3 ini merupakan ajang untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya gizi dan memacu kreativitas masyarakat untuk menciptakan menu sesuai dengan potensi sumberdaya wilayah.
“Bahan utamanya sirsak, karena buah ini banyak terdapat di Kabupaten Kediri dan di pasaran pun harganya terjangkau” tutur Haryanti. Ia pun menambahkan bahwa buah yang tumbuh dengan baik di dataran rendah ini memiliki banyak manfaat. “Sirsak berkhasiat menyembuhkan penyakit, mulai dari ambeien, osteoporosis hingga kanker. Jadi selain mudah didapat, juga menyehatkan” tambahnya.
Beberapa menu tampak menarik disajikan para peserta. Mereka menampilkan berbagai olahan yang umumnya berupa makanan pencuci mulutdan aneka jajanandengan kreatif. Hasilnya, beragam sajian penggugah selerapun siap dilombakan, seperti landak mooris qiu, soes bebek sirsak, nugget sirsak, muffin sirsak dan rotsy blangkon.
Setelah melalui berbagai kriteria penilaian seperti keaslian dan kreatifitas resep, rasa, penyajian, paduan warna, dan penampilan secara komersial, tim dewan juri yang berasal dari Dinas Kesehatan, Dinas Pariwisata dan Universitas Petra, menetapkan TP-PKK Purwoasri sebagai Juara I. Sementara TP-PKK Kandangan berhasil menjadi Juara II, sedangkan Dharma Wanita Persatuan Kantor Lingkungan Hidup ditetapkan sebagai Juara III. Para pemenang berhak mendapatkantropisertauang pembinaan yang diserahkan oleh dr. Haryanti Sutrisno *san/tim*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar