Sabtu, 27 Maret 2010

Selecta Tempat Wisata Peninggalan Jaman Kolonial



Batu, PILAR
Libur akhir pekan, pastinya dimanfaatkan para pekerja dan pelajar dengan menjelajahi tempat wisata atau taman rekreasi. salah satu yang dapat jadi jujugan adalah taman wisata selecta di kawasan Bumiaji kota batu. selain menyuguhkan berbagai macam arena bermain taman selecta ternyata juga menjadi taman wisata favorit jaman kolonial belanda. Presiden RI pertama–Soekarno, sering kali mengunjungi taman selecta hanya untuk melepas penat disela-sela kesibukannya .
Sejak dibangun awal tahun 1930, taman rekreasi selecta yang dulunya merupakan tempat wisata orang-orang belanda terletak di desa tulungrejo kota batu, sempat mengalami renovasi akibat dibumi hanguskan tentara jepang pada perang dunia kedua. Tempat wisata dengan ketinggian 1150 meter dari permukaan laut tersebut memberikan sentuhan udara sejuk karena berada ditengah deratan gunung arjuno, welirang dan anjasmoro.
Begitu memasuki kawasan wisata, para pengunjung langsung disuguhi hamparan taman bunga beraneka jenis dan warna yang tertata rapi dan apik di atas tanah seluas 6 hektar, terlihat sedap dipandang mata. Setiap mata yang memandangnya bakal terhipnotis kesejukan sehingga rasa penat dan stress selama 1 pekan beraktivitas hilang seketika. halal bagi anda untuk berlama-lama di taman bunga ini sementara bagi anak-anak sebuah petak kolam dan akuarium ikan juga tersedia.
Di sisi lain kawasan selecta pengelolal menyediakan sebuah areal ketangkasan dan outbound. Lagi-lagi permainan flying fox kembali menjadi primadona. Tak hanya orang dewasa anak-anak usia dini pun ,gemar dan tertantang mencoba permainan berbahaya ini. dengan membayar tiket 15 ribu rupiah per 1 kali bermain pengunjung dapat menikmati keindahan taman bunga selecta diatas ketinggian 7 meter dari permukaan tanah.
Bosan dan capek bermain seharian para pengunjung dapat berelaksasi, dengan mandi dan berendam air hangat di kolam selecta yang dibangun tahun 1950 lalu bentuk papan seluncur, dan papan loncat telah ada sejak selecta dipugar. Dijamin air jenih dari sumber pegunungan membuat anda segar kembali. Jika anda merasa lapar ,pihak pengelola juga menyediakan beragam masakan khas selecta, di restauran pinggir kolam renang sambil mencicipi hindangan anda tetap dapat mengawasi putra putri anda .meski mengalami sejumlah renovasi taman wisata favorite Presiden pertama-Soekarno ini, tetap menjadi pilihan pengunjung untuk menghabiskan waktu akhir pekannya. Dalam sehari jumlah pengunjungnya bervariasi, antara seribu hingga 5 ribu orang per hari.
Selecta sendiri didirikan seorang warga belanda bernama Ruyter de wildt di awal tahun 1930, sebagai tempat wisata dan tempat peristirahatan bagi warga negara belanda saat berada di indonesia. meski sempat rusak akibat pendudukan penjajahan jepang tempat wisata ini kembali dibangun warga sekitar secara gotong royong kala itu. Nama selecta diambil dari kata selective yang berarti pilihan karena orang belanda mengunjungi selecta karena suasana, dan pemandangan alamnya. Jika anda berencana berwisata alam diakhir pekan ini taman rekreasi selecta dapat menjadi pilihan alternative berwisata anda bersama keluarga *sarwi/tim*

1 komentar: