Sabtu, 27 Maret 2010

PKK Kel. Turen Juara II Tingkat Prov. Jatim

Malang, PILAR
Upaya yang keras dan pengorbanan yang besar telah membuahkan keberhasilan dalam karya nyata gerakan PKK di Kabupaten Malang. Keberhasilan Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kelurahan Turen Kecamatan Turen meraih Juara II Tingkat Provinsi Jawa Timur, membuat Kelurahan Turen kerap menjadi sasaran kunjungan dari kecamatan dan kabupaten lain untuk melakukan studi banding.
Salah satunya TP PKK Kab. Pacitan Prov. Jatim. Sebelum ke lokasi sasaran kunjungan rombongan berkesempatan diterima oleh Ketua TP PKK Kab. Malang Ibu Hj. Tyas Sujud Pribadi di Peringgitan Pendopo Kab. Malang. Dalam sambutannya Ibu Tyas menyampaikan kunjungan tersebut merupakan media sharing program antara TP PKK Kab. Pacitan dan Kab. Malang. Karena luas wilayah Kab. Malang yang begitu besar dalam melaksanakan pembinaan PKK dilaksanakan dengan sistem Sub Tim Wilayah. Setiap Sub Tim Wilayah ada koordinator yang beranggotakan masing-masing POKJA, sehingga pembinaan lebih terfokus.
"Dalam mensosialisasikan gerakan PKK khususnya bagi desa atau kelurahan dimana PKKnya kurang begitu maju mengharuskan kami semua untuk turun langsung. Tidak hanya itu kami juga dengan Bupati Malang turun bersama-sama ke desa dengan nama Sambang Desa dan Sambang Proyek. Disini peran aktif perempuan dilibatkan karena bagaimanapun juga PKK adalah mitra kerja dari pemerintah," papar Tyas.
Ketua TP PKK Kab. Pacitan Ibu Hj. Purwatih Sujono, dalam sambutannya menyampaikan maksud kunjungan ke Kab. Malang adalah untuk melihat secara langsung kegiatan PKK di Kel. Turen Kec. Turen yang pada tahun lalu mendapatkan penghargaan sebagai juara II TK. Prov. Jatim dalam Evaluasi 10 Program Pokok PKK. Dijelaskannya karena tuntutan masyarakat untuk mengembangan kapasitas kader-kadernya dengan menggali inovasi dan kreativitas yang saat ini sedang kami kembangkan dengan melihat kemajuan dari daerah lainnya.
Setelah di Peringgitan Kab. Malang, rombongan studi banding melanjutkan kunjungannya ke Kel. Turen dengan didampingi oleh Ketua TP PKK Kab. Malang beserta anggota. Rombongan menuju Pendopo Kelurahan untuk mendengarkan pemaparan dari Ketua TP PKK Kel. Turen Ibu Bayu Jatmiko terkait 10 Program Pokok PKK yang telah dilaksanakan sehingga meraih juara. Selanjutnya mengunjungi RW. 13 RW. 19 dan RW. 20 sebagai RW percontohan *sarwi/tim*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar